Home Berita Memelihara Budaya Melalui Seni Peran: Upaya SMA Yasporbi dalam Menjaga Pancasila

Memelihara Budaya Melalui Seni Peran: Upaya SMA Yasporbi dalam Menjaga Pancasila

June 5, 2018 0 comment

Menanamkan nilai nilai pancasila di kalangan siswa siswi tidak cukup hanya dengan seremonial upacara peringatan hari lahir pancasila. Tantangan yang dihadapi oleh gerasi muda saat ini sangat kompleks, salah satunya adalah gencarnya pengaruh budaya-budaya asing yang sebagian tidak sesuai dengan kepribadian dan nilai luhur bangsa.

Tantangan-tantangan tersebut jika tidak disikapi dengan tepat akan dapat mengikis nasionalisme dikalangan generasi penerus bangsa terutama kecintaan akan budaya bangsa Indonesia.

Pancasila mengajarkan nilai-nilai kerjasama, kepedulian, kerja keras, semangat dan tentu dengan berprilaku berbudi pekerti luhur. Banyak cara yang dapat kita lakukan untuk menyisipkan pembelajaran nilai tersebut kedalam aktifitas siswa, disamping contoh dan perilaku dari guru yang terutama.

Dalam kesempatan atau momentum peringatan lahirnya pancasila, SMA Yasporbi memiliki cara yang unik dalam merawat nilai nilai pancasila, salah satunya adalah menjaga identitas bangsa melalui budaya karena merawat budaya bangsa sama halnya merawat nilai pancasila.

Salah satu cara unik yang ditempuh SMA Yasporbi adalah dengan menghadirkan pementasan budaya bangsa dari berbagai daerah,  bukan hanya kostum daerah yang ditampilkan, melainkan sebuah pertunjukan drama.

Melalui kegiatan ini siswa diajak berfikir untuk mencari kekompakan dalam seni peran (nilai kerja sama), menghargai pendapat (musyawarah),  dan penentuan budaya (sikap toleransi).

Sejak dari persiapan sampai pelaksanaan siswa dituntut mandiri, mulai dari menulis skrip, pembagian peran, pemilihan kostum dan lain sebagainya.

Dengan mementaskan seni perann,  diyakini mereka akan menemukan nilai nilai pancasila yang terkandung dalam setiap budaya yang ditampilkan diantaranya :

  1. Hormat menghormati demi tercipta kerukunan ( Sila ke-1 ).
  2. Tidak semena mena terhadap orang lain dan mengutamakan kepentingan bersama dari kepentingan pribadi (Sila ke-2).
  3. Bangga dengan bangsa Indonesia dengan segala budaya yang dimilikinya (Sila Ke-3).
  4. Menghargai perbedaan pendapat (Sila ke-4).
  5. Kerja keras dan tekun (Sila ke-5).

Dan masih banyak nilai nilai yang tentu tertanam dalam kegiatan tersebut.

Kegiatan ini dibimbing langsung oleh guru bahasa, mulai dari pembinaan hingga sampai dengan evaluasi kegiatan sehingga diharapkan kegiatan bisa berjalan dengan terarah dan terukur. Upaya ini merupakan bentuk kepedulian SMA Yasporbi akan Pancasila sebagai Dasar kehidupan berbangsa dan bernegara.

Yuk kita jaga budaya kita. Sekecil apapun upaya kita tentu sangat bermakna. Kita sangat kaya akan budaya, dan itu yang memunculkan semboyan Bhineka Tunggal Ika yang disatukan oleh Pancasila.

You may also like

Leave a Comment