Home Berita Tips Memilih Sekolah Untuk Anak

Tips Memilih Sekolah Untuk Anak

July 10, 2018 0 comment

Sekolah adalah salah satu hal terpenting yang dipersiapkan oleh orang tua untuk mendukung tumbuh kembang dan masa depan anak. Oleh karena itu diperlukan pengetahuan dan persiapan yang matang untuk memilih sekolah anak, sehingga mendapatkan pendidikan sesuai dengan yang diharapkan. Berikut beberapa tips dalam memilih sekolah anak

1. Perhatikan Jarak Rumah ke Sekolah

jarak antara rumah ke sekolah harus diperhatikan, karena menyangkut dua hal penting: pertama soal keamanan di jalan, semakin jauh jarak dari rumah ke sekolah, maka potensi risikonya juga semakin tinggi. Yang kedua adalah soal tingkat stress, di kota-kota besar seperti jakarta yang penuh dengan kemacetan, jarak tempuh yang jauh juga berarti menambah tingkat stress. Jangan sampai sang buah hati sudah stres duluan bahkan sebelum pelajaran dimulai karena menempuh kemacetan panjang. Jam-jam saat siswa berangkat sekolah juga merupakan jam-jam yang sangat padat, baik itu diantar dengan kendaraan pribadi maupun menggunakan transportasi publik.

2. Jenis Sekolah

Memilih jenis sekolah juga merupakan jenis pertimbangan penting. Ada beberapa jenis sekolah yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan karakter anak, misalnya sekolah berbasis agama, sekolah alam, sekolah negeri, homeschooling, sekolah swasta, sekolah internasional, maupun sekolah nasional plus. Orang tua harus memahami kelebihan dan kekurangan masing-masing sekolah tersebut sehingga cocok dengan karakter dan kondisi anak.

3. Karakter Anak

Orang tua dapat memilih sekolah yang sesuai dengan karakter anak Anda. Sehingga anak Anda bisa lebih fun berada di sekolah. Misalnya, anak yang suka bergerak cocok disekolahkan di sekolah alam. Pengenalan akan karakter dan kebutuhan juga membantu mengenali durasi bersekolah dan komposisi durasi pengajaran di sekolah. Misalnya, menentukan sekolah dengan durasi yang lebih banyak waktu bermain atau waktu belajar.

4. Kualitas Sekolah

Guru yang berkualitas akan menentukan kualitas pendidikan yang diterima oleh anak. Guru juga merupakan ujung tombak yang menentukan anak akan belajar dan bermain dengan menyenangkan atau tidak. Untuk mengetahui hal ini Anda bisa datang ke sekolah langsung dan menanyakannya pada pihak sekolah.

Guru yang baik, profesional, dan memiliki kompetensi keilmuan dalam bidang yang diajarnya, dapat mengembangkan lingkungan belajar yang menyenangkan di kelas dan dapat berkomunikasi dengan anak. Bila sekolah yang diminati menawarkan class trial, jangan sia-siakan kesempatan ini untuk bertemu langsung dengan calon guru dan melihat aktivitas belajar di sekolah tersebut.

5. Lingkungan Sekolah

Pilih lingkungan sekolah yang tenang, bersih dan nyaman untuk sekolah anak. Saat sekolah, anak akan menghabiskan waktu berjam-jam dalam sehari di lingkungan sekolah, jika tidak nyaman maka akibatnya proses belajar si anak akan tidak optimal.

Lingkungan yang dimaksud di sini adalah lingkungan fisik dan lingkungan pergaulan, untuk lingkungan fisik yang perlu diperhatikan adalah kebersihan, ketenangan, fasilitas belajar mengajar dll. Untuk lingkungan pergaulan yang paling penting diperhatikan adalah apakah sering terjadi bullying atau tidak, interaksi antar sesama murid dan interaksiguru dengan murid diluar kelas.

6. Biaya Sekolah

Jika kita memilih sekolah swasta, maka biaya menjadi pertimbangan penting bagi orang tua. Komponen biaya yang harus kita perhatikan dengan saksama adalah besaran biaya yang dikeluarkan setiap bulannya seperti SPP, biaya makan siang, biaya antar-jemput, biaya ekstrakurikuler pilihan. Begitu juga dengan biaya tahunan sekolah seperti biaya kegiatan tahunan, biaya buku untuk setahun.

 

Belajar Nyaman di Sekolah Yasporbi

Yasporbi merupakan sekolah yang memiliki jenjang mulai dari TK, SD, SMP dan SMA. Memiliki lokasi yang nyaman dan tenang untuk belajar, sekolah-sekolah Yasporbi terletak di daerah Pancoran, Pasar Minggu dan Kemanggisan.

Sekolah Yasporbi disemua jenjang memiliki komitmen yang tinggi dalam menyediakan pendidikan yang berkualitas. Memiliki tenaga-tenaga pengajar yang berdedikasi dan profesional, sekolah Yasporbi tidak melupakan pembangunan fisik sarana dan prasarana pendukung belajar. Selain itu, sekolah yasporbi juga berkomitmen menjaga lingkungan pendidikan menjadi lingkungan yang bebas dari tindakan bullying sehingga siswa merasa aman dan nyaman dalam proses belajarnya.

You may also like

Leave a Comment